Disiplin, Hadiah, dan Konsekuensi

Disiplin, Hadiah, dan Konsekuensi. Set Clear Aturan dan Harapan
Seperti dengan jadwal yang jelas, dapat dicapai, aturan jelas dan harapan yang juga penting untuk anak-anak dengan ADHD. Di sekolah maupun di rumah, anak-anak dengan ADHD membutuhkan konsisten dan jelas seperangkat aturan. Hal ini dapat membantu untuk membuat daftar aturan untuk rumah dan posting mereka di tempat di mana anak dapat dengan mudah melihat mereka. Ini sangat penting untuk tetap berpegang pada aturan dan memberikan imbalan yang adil dan konsisten dan konsekuensi ketika aturan rumah tangga tidak diikuti.


Berikan Petunjuk Hapus
Hindari jelas atau terbuka instruksi seperti "membersihkan kotoran Anda" atau "bermain baik" yang tidak akurat menyampaikan tugas-tugas tertentu yang ingin dilakukan. Sebaliknya, gunakan bahasa yang jelas dan instruksi spesifik seperti "silakan memasukkan semua pakaian kotor dalam keranjang," "silahkan taruh semua mainan kembali ke rak," atau "mari kita biarkan teman Anda untuk memiliki giliran bermain dengan mainan." Bicaralah dengan suara tenang dan jelas, dan pastikan untuk menjalin kontak mata dengan jenis anak Anda ketika Anda memberikan petunjuk sehingga lebih besar kemungkinan ia berfokus pada apa yang Anda katakan. Hal ini dapat membantu agar anak Anda mengulangi petunjuk kembali kepada Anda. Meruntuhkan instruksi untuk tugas-tugas besar menjadi langkah-langkah sederhana juga dapat membantu.

Disiplin, Hadiah, dan Konsekuensi
Anak-anak dengan ADHD merespon dengan baik untuk suatu sistem didefinisikan dan diprediksi penghargaan dan konsekuensi untuk mengelola perilaku dan disiplin. Reward perilaku positif dengan pujian atau dengan imbalan kecil yang biaya uang sedikit atau tidak ada, seperti waktu khusus dengan orangtua atau berpartisipasi dalam outing atau kegiatan favorit. Fokus pada pujian atau hak istimewa sebagai hadiah daripada makanan menawarkan atau mainan sebagai hadiah.
Selalu terbaik untuk memberikan penghargaan yang lebih dan pujian positif dari komentar negatif atau konsekuensi. Sebagai contoh, tersenyum dan berkata, "Aku suka cara Anda bekerja pada pekerjaan rumah Anda" atau "Anda melakukan pekerjaan yang besar membersihkan meja." Minta anak Anda untuk mengatakan apa yang dia lakukan dengan baik selama suatu kegiatan dan membantu dia untuk datang dengan sesuatu jika dia tidak bisa.